Sabtu, 16 Maret 2013

CINTA ATAU SAYANG ?

Assalamualaikum..

Bertemu lagi nih :D




Cinta atau Sayang ? menurut kalian, mana yang kalian pilih ? pastinya kebanyakan dua-duanya. karena menurutku cinta dan sayang itu suatu kesatuan yang tak kan terpisah. dimana ada sayang disitu pasti ada cinta. begitu juga sebaliknya. Well, mari kita intip lebih lanjut.

Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta >> Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. menurut pakar psikologi,Pengertian cinta itu sendiri sulit dibedakan batasan ataupun pengertiannya, karena cinta merupakan salah satu bentuk emosi dan perasaan yang dimiliki individu. Dan sifatnyapun subyektif sehingga setiap individu akan mempunyai makna yang berbeda tergantung pada penghayatan serta pengalamannya. Cinta menurut pandangan agama bahwa cinta itu suatu perasaan "welas asih" atau kagum terhadap sesuatu datangnya dari Yang Maha Kuasa. ada pepatah Jawa mengatakan "Jaliran tresno saka kulino" yang artinya karena cinta itu datang dari kebiasaan kita.

-cinta monyet: cinta monyet adalah cinta seseorang yang hanya main2.mereka hanya menikmati masa yang sekarang saja, tanpa memikirkan hubungannya mau di bawa kemana.cintanya belum serius.

-cinta sejati: cinta sejati adalah cinta seseorang yang mencintai seseorang dengan tulus untuk mencintainya.dia mau menerima segala kelebihan dan kekurangan dia.ia akan tetap mencintai walaupun rintangan datang dan orang mw berkata apa dengannya.

-cinta gila: cinta gila adalah cinta seseorang yang mencinta dia dengan sanggat.ia akan berusaha mendapatkanya walaupun dengan cara yang tidak biasa sekalipun.

-cinta mati: cinta mati adalah cinta seseorang yang mencintai dengan sanggat2 sama dia.dia akan mencintai dia samapi dia mati. dia tidak akan melupakannya walaupun halangan datang.

Sayang merupakan sifat seseorang untuk melindungi dan menjaga diri seseorang yang kita sayang. Perkataan yang sukar untuk dibezakan dan diterjemahkan terutama dalam hubungan perasaan sesama manusia. Menyayangi seseorang belum tentu mencapai tahap mencintai kerana menyayangi lebih luas skopnya berbanding mengasihi. kalian mungkin menyayangi sahabat kalian, keluarga kalian, guru kalian atau siapapun.

menurut aku sendiri, cinta adalah rasa yang tercipta dari Yang Maha Kuasa datangnya tiba-tiba dan tidak peduli waktu. yang bisa saja ditujukan kepada semua orang. sedangkan sayang sendiri merupakan suatu tanggapan dari rasa suka. dari rasa suka maka timbul sayang dan dari sayang maka timbul cinta.

Hubungan suka,sayang dan cinta ternyata sinkron. mereka memiliki pengaruh yang kuat. Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa sayang belum tentu cinta dan cinta sudah pasti sayang. begitu juga ada yang mengatakan sebaliknya. Menurut diriku sendiri, sayang dan cinta memiliki kesatuan yang saling berhubungan.

Ada juga yang mengatakan cinta itu buta karena tidak peduli siapa pihak yang terlibat dan siapa orang yang ditujukan. Baginya, yang terpenting dia puas dahulu batinnya tanpa peduli berapapun pengorbanannya dan cinta itu terkadang membuat sakit dalam batin.  beda dengan sayang, sayang tidak mengenal sakit dalam batin, tetapi sayang itu juga butuh pengorbanan.

Tetapi semua kembali  kepada kalian mau pilih manakah, atau mungkin kalian pilih dua-duanya. So, semestinya cintai dan sayangi Allah. karena dengan mencintai dan menyayangi Yang Maha Kuasa hati kita terasa sejuk,damai,tentram tanpa ada sakit dalam batin. Begitu juga kepada kedua orangtua kita. mencintai dan menyayangi sesuatu boleh-boleh saja asalkan jangan berlebih. supaya tidak sakit dikemudian hari :)

Pertahankan Cinta dan Sayang kalian kepada siapa saja. Karena itu awal dari terciptanya kerukunan,kedamaian,kesejahteraan dan membunuh rasa benci,dendam,dengki serta hal-hal yang dibenci oleh Yang Maha Kuasa.

Daftar pusaka :
berbagai sumber dengan pengubahan seperlunya



2 komentar: